Daya dan Torsi (Horsepower and Torsi)

Halo semua, bagi kalian yang belum paham tentang kinerja motor bakar atau pemula pecinta otomotif.

        Sebenarnya apa itu sih Mereka Membahas tentang Torsi dan Daya yang tinggi?
  • Terus ada Bahas Weh Torsi nya nendang, tpi kurang lajuuu
  • ada salah nangkap juga bilang weh kalau torsi laju pasti daya juga meningkat
  • ada juga bingung kenapa seiring RPM tinggi Torsi itu Drop dan Daya itu memuncak tapi hanya sementara saja
  • Ingat ( Daya dan Horse Power itu sama jangan dibikin bingung)
                Saya Kasih Contoh seperti misal Gambar ini
Gambar 1 Hubungan Torsi dengan Daya
Sebelum Memulai Saya akan memperkenal diri.
Nama : Soen, Peter Stanley
Jurusan : Teknik Mesin Bidang Program Otomotif
Universitas Kristen Petra Surabaya (angkatan 2016)

Kalian kalau mau mencari referensi buku yang saya jelaskan. 
        "tenang saja karena saya merangkum sejelas mungkin dalam kinerja motor bakar"
Dari pada kalian mengambil referensi blogspot, karena takut di percaya atau kurang kuat dalam mengambil referensi jadi saya ada rekomendasi 3 buku, saya rangkum melalui blog ini.

Buku saya pakai: 
  • Internal Combustion Engine J.B Heywood (english book)
  • Fundammental Internal Combustion Engine H.Gupta (english book)
  • Motor Bakar Torak 2015, Philip Kristanto  (Bahasa Indonesia) 

Saya akan Menjelaskan dari pengalaman saya kuliah dan cara menerapkannya konsep pengaruh Torque dan Power

Power and Torque 

"Untuk Membahas tentang daya dan torsi. kalian harus tau dasar tentang work (kerja) dan energi (baik bentuk kinetic maupun potensial)"


        Seringkali orang bingung tentang hubungan antara POWER dan TORQUE. Misalnya, kami telah mendengar pembuat mesin, konsultan camshaft, dan "pakar teknis" lainnya bertanya kepada pelanggan:

"Apakah kamu ingin mesinmu membuat HORSEPOWER atau TORQUE?"

ingat jika kamu ingin memiliki dua-duanya itu sangat susah. karena ada parameter optimal pada kinerja motor bakar. faktanya ketika titik optimal berada 3500 rpm seperti gambar 1. kemudian, akhirnya itu mereka tidak bisa sama lagi.

"Mengapa itu Bisa Terjadi?"
Ini akan saya bahas:
    TORQUE didefinisikan sebagai FORCE (gaya) di sekitar titik tertentu, diterapkan pada RADIUS (jarak pusat menuju ditentukan) dari titik itu. 
    Perhatikan bahwa satuan TORQUE adalah satu pon-kaki (sering salah saji), sedangkan satuan KERJA adalah satu pon-kaki.





Jadi ini adalah fakta (Hukum Alam) dan ini tidak bisa di kekang maupun didebatkan cara curang sekalipun.

1. Power (daya) akan selalu Bergantung pada Torsi. 
2.  Torque dan RPM (Rotation Per Minute) adalah Jumlah torsi yang terukur pada kinerja motor bakar itu sendiri. (karena semakin cepat putaran mesin maka torsi akan berpengaruh).
3. Power (daya) akan dihitung dari Torsi dan RPM (hitungan akan saya jelaskan dibawah)

Ingat kalau kalian belum paham 3 aturan itu, maka kalian harus tau dasar persamaan motor bakar. Ingat kalian Cinta Otomotif berarti harus tau bayangin: 
"apa yang menyebabkan tenaga motor lebih kuat dari manusia"

Comments

Popular Posts